Abstract:
Semakin banyaknya jumlah pengguna sepeda motor secara tidak langsung
menyebabkan konsumen membutuhkan sarana dan prasarana untuk merawat dan
memperbaiki kendaraannya tersebut agar layak pakai, tidak kalah dengan produk baru
dan dapat dijual dengan harga yang tinggi. Hal ini menimbulkan persaingan yang
ketat terutama pada penyedia jasa service antara dealer resmi yang bekerjasama
dengan merk-merk sepeda motor tertentu yang saling bersaing untuk mendapatkan
konsumen. Oleh karena itu penyedia jasa lebih meningkatkan tujuan yang lebih baik
yakni bagaimana cara menumbuhkan konsumen yang puas atas jasa yang diberikan
kearah konsumen yang loyal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh harga
terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel interveing
PT. Sejahtera Motor Gemilang Medan. Pada penelitian ini penulis menggunakan
pendekatan asosiatif untuk mengetahui hubungan setiap variabel dengan menyajikan
data yang dikumpulkan dalam bentuk data kuantitatif yakni menguji dan
menganalisis data dengan perhitungan angka-angka dan kemudian menarik
kesimpulan dari pengujian tersebut.
Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa harga berpengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan atau dengan kata lain,
kepuasan pelanggan merupakan variabel intervening.