Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi
terhadap penggunaan transportasi online Go-Jek Pada Mahasiswa Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Pendekatan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan
asosiatif, ialah suatu pendekatan yang dingunakan untuk mengetahui bahwa
adanya pengaruh diantara kedua variabel. Defenisi operasional yang dingunakan
pada penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y), harga (X1) dan promosi
(X2). Tempat penelitian adalah jalan Muchtar Basri No.3 Medan dengan waktu
penelitian yang dilaksanakan dari bulan November 2017 hingga Maret 2018,
jumlah populasi pada penelitian ini adalah 50 orang dan sampel pada penelitian
ini menggunakan Acchidental Sampling. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini ialah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data adalah uji
validitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien
determinasi.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh harga dan promosi
terhadap keputusan pembelian. Hal ini membuktikan dengan ditolaknya
hipotesis H0 melalui pengujian hipotesis dimana terdapat nilai harga thitung
(26,852)>ttabel( 1,675), promosi terdapat nilai thitung (0.092 <ttabel (1,675 )