Abstract:
Penjualan merupakan penyaluran produk-produk yang dihasilkan kepada pasar
baik pasar konsumsi maupun pasar produksi tergantung pada jenis produk yang
dihasilkan perusahaan, agar diperoleh keuntungan-keuntungan dari proses
produksi. Adapun faktor yang mempengaruhi penjualan diantaranya promosi,
harga, saluran distribusi dan jenis produk”. Salah satu faktor yang mempengaruhi
penjualan adalah promosi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan
potongan harga terhadap penjualan produk pada PT. Mestika Mandiri Medan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh
promosi dan potongan harga terhadap penjualan produk pada PT. Mestika
Mandiri Medan?. Dalam penelitian digunakan teknik pengumpulan data yaitu
studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik
analisis Regresi Berganda.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh biaya promosi
dan potongan harga terhadap jumlah penjualan produk pada PT. Mestika Mandiri
Medan. Selain itu jumlah penjualan produk PT. Mestika Mandiri Medan
meningkat dari tahun ke tahun dengan jumlah rata-rata peningkatan sebesar 17,16
% setiap tahunnya yang menunjukkan bahwa produk perusahaan sudah dikenal
masyarakat secara luas dan juga sudah dipercaya pelanggan.
Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai R Square bernilai 0,910 dapat
disimpulkan bahwa sebesar 91 % jumlah penjualan produk dipengaruhi oleh biaya
promosi dan potongan harga sedangkan 9 % lagi dipengaruhi oleh variabel yang
lain, selain variabel yang digunakan dalam penelitian ini