Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap
peningkatan pemahaman self-control siswa kelas VIII MTs N 3 Medan tahun
pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode
penelitian ini berupa pre-eksperiment dengan desain one group pre and post test
design. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah
180 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 35 siswa dengan menggunakan
random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
observasi dan angket. Hasil self-control siswa di kelas VIII MTs N 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019, sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dapat dikatakan
keadaan self-control siswa berada pada tingkat yang cenderung rendah yaitu berada
pada skor rata-rata 57,6. Setelah diberikan perlakuan (post-test) maka self-control
siswa kelas VIII MTs N 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 mengalami
peningkatan yang cenderung tinggi dibandingkan dengan hasil pre-test yaitu berada
pada skor rata-rata 65,3. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,3023 dengan
menggunakan tarif signifikan nyata (a=0,05) dan dengan d.b = n-1. Maka diperoleh
ttabel = 1,68975 Karena nilai thitung > ttabel (5,3023 > 1,68975) maka dapat dikatakan
bahwa Ha diterima H0 ditolak. Sehingga kesimpulannya adalah “terdapat pengaruh
yang signifikan layanan informasi terhadap self-control siswa kelas VIII MTs N 3
Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.