Abstract:
Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah kepuasan yang banyak
dikeluhkan para pengguna Apple Iphone dikarenakan oleh kepuasan pelanggan
yang tidak sesuai seperti yang diharapkan. Kepuasan pelanggan sangat berperan
penting, sebab kepuasan pelanggan yang tinggi juga menciptakan ikatan
emosional dengan loyalitas. kepuasan pelanggan tersebut, tidak sekedar kelebihsukaan
rasional
sehingga
kepercayaan
merek
dapat
merekomendasikan
perusahaan
dan
loyalitas
kepada
orang
lain.
Apabila
kepuasan
pelanggan
yang
diberikan
baik
dan
sesuai
dengan
harapan,
maka
pelanggan
akan
merasa
puas
sehingga
mendorong
untuk
melakukan
pembelian
ulang
pada
kepercayaan
merek
yang
sama.
Pembelian
ulang
inilah
yang
akan
menimbulkan
kepuasan
pelanggan
yang tinggi. Karena kesetiaan kepercayaan merek dipengaruhi secara langsung
oleh kepuasan/ketidakpuasan dengan kepercayaan merek yang telah diakumulasi
dalam jangka waktu tertentu sebagaimana dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan
terhadap loyalitas mahasiswa, mengetahui pengaruh kepercayaan merek terhadap
loyalitas mahasiswa untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dan
kepercayaan merek secara simultan/bersama terhadap loyalitas mahasiswa
pengguna Apple Iphone di Kota Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Iphone di Kota
Medan, yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
daftar pertanyaan (Questioner). Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan
di analisis dengan menggunakan teknik analisis data asumsi klasik, regresi linear
berganda dan pengujian hipotesis. Pengolahan data dilakukan melalui SPSS 16.0.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh yang
signifikan antara variabel kepuasan pelanggan terhadap loyalitas, ada pengaruh
yang signifikan antara variabel kepercayaan merek terhadap loyalitas, dan ada
pengaruh yang signifikan antara variabel kepuasan pelanggan dan kepercayaan
merek secara simultan terhadap loyalitas pada pengguna Apple Iphone di Kota
Medan.