Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan faktorfaktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan jasa grab car
dengan gocar (studi kasus pada mahasiswa umsu).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
komparatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa universitas muhammadiyah sumatera utara sedangkan sampel yang
memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 200
orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Independent
Sample T-Test. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program
software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 22.00.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara komparasi perbandingan
faktor-faktor Kebudayaan menunjukkan terdapat perbedaan antara faktor
kebudayaan grabcar dengan gocar pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara. Perbandingan Faktor-faktor Sosial menunjukkan tidak ada
terdapat perbedaan antara faktor social grabcar dengan gocar pada mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Perbandingan faktor-faktor Pribadi
menunjukkan terdapat perbedaan antara faktor pribadi grabcar dengan gocar pada
mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Perbandingan faktorfaktor Psikologis menunjukkan terdapat perbedaan antaraf aktor psikologis
grabcar dengan gocar pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara.