Abstract:
Harga adalah salah satu yang mempengaruhi keputusan pembelian
dikarenakan sebagian orang cenderung membeli suatu produk dari harganya yang
terkadang menentukan kualitasnya. Merek adalah sebagai identitas produk yang
menentukan kualitas dikarenakan merek tersebut lebih dikenal oleh konsumen,
Keputusan pembelian adalah proses pada konsumen dalam memilih untuk membeli
suatu produk yang diinginkannya setelah mempertimbangkan informasi-informasi
tentang manfaat dan kegunaan produk, barulah konsumen memutuskan untuk
membeli
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian pada PT.Coca cola Amatil Indonesia Unit Medan, dan untuk
mengetahui pengaruh merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Coca cola
Amatil Indonesia Unit Medan, Serta untuk mengetahui pengaruh harga dan merek
terhadap keputusan pembelian pada PT. Coca cola Amatil Indonesia Unit Medan,
dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket yang
disebar kepada sebagian konsumen PT. Coca-cola Amatil Indonesia Unit Medan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada berpengaruh signifikan harga
berdasarkan uji T dan uji F ada pengaruah signifikan antara harga terhadap keputusan
pembelian. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikan harga berdasarkan uji T
yaitu 3.817 > 1.984 dengan signifikan 0,000 < 0,05 berarti H0 diterima (Ha ditolak)
hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara harga terhadap keputusan
pembelian. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikan merek berdasarkan uji
T yaitu 3.501 > 1.984 dengan signifikan 0,001 < 0,05 berarti H0 diterima (Ha ditolak)
hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara merek terhadap keputusan
pembelian. Berdasarkan hasil uji F terdapat ada pengaruh signifikan antara harga dan
merek terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama dengan nilai 42.180 >
3,09 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R square sebesar 68,2%
sisanya 31,8% dipengaruhi faktor lain.