Research Repository

Efektivitas Pelaksanaan Program Cerdas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang

Show simple item record

dc.contributor.author Hutagalung, Desi Afriani
dc.date.accessioned 2020-03-01T06:19:05Z
dc.date.available 2020-03-01T06:19:05Z
dc.date.issued 2018-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/904
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan program CERDAS dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif, yaitu dengan menggambarkan keadaan pelaksanaan program Cerdas berdasarkan fakta-fakta yang ada dan mencoba menganalisis kebenarannya berdasarkan data kualitatif yang diperoleh dari hasil penelitian. Kategorisasi dalam penelitian ini adalah adanya efektivitas pelaksanaan program Cerdas dalam penyelenggaraan pendidikan; adanya Strategi program Percepatan terhadap Rehabilitasi Sekolah dengan melibatkan peranserta sektor Swasta, dan Masyarakat; adanya tujuan dan target/sasaran yang hendak dicapai dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan; dan adanya proses pemberian pelayanan prima dalam pelaksanaan program Cerdas (terpenuhinya unsur-unsur pelayanan prima dalam peningkatan kualitas pelayanan pendidikan); serta adanya dukungan sarana dan fasilitas kerja yang memadai dalam proses pelayanan program Cerdas. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam usaha pencapaian tujuan dan sasaran serta strategi pelaksanaan program Cerdas yang memungkinkan tujuan-tujuan atau sasaran-sasaran pelaksanaan program Cerdas dapat diwujudkan dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia bidang Pendidikan yang sangat ditentukan oleh efektivitas pelaksanaannya yang merupakan proses untuk mendapatkan sumber daya tambahan, melalui proses kerjasama antara pemerintah, swasta dan masyarakat, dalam merehabilitasi sarana dan fasilitas pendidikan di sekolah-sekolah. Kemudian proses pemberian pelayanan publik dalam pelaksanaan program Cerdas sangat ditentukan oleh adanya tiga unsur dalam proses pemberian pelayanan prima dalam pelaksanaan program Cerdas, yaitu (1) terdapat pelayanan yang sama dan merata, tidak adanya diskriminasi yang diberikan aparat kepada semua masyarakat. (2) pelayanan yang diberikan harus tepat waktu, (3) pelayanan harus merupakan pelayanan yang berkesinambungan. Selanjutnya dalam pelaksanaan pelayanan pendidikan sangat ditentukan oleh dukungan sarana dan fasilitas kerja yang memadai dalam proses pelaksanaan program Cerdas, yang secara prinsip bahwa sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan harus disesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. en_US
dc.subject Program Cerdas en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.title Efektivitas Pelaksanaan Program Cerdas Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan Di Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account