Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh citra merek
terhadap keputusan nasabah , untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap keputusan nasabah, dan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah PT. Bank Sumut. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Acidental Sampling
dengan menggunakan rumus slovin. Acidental Sampling yaitu penentuan sampel
secara kebetulan sebanyak 50 responden yang merupakan nasabah PT. Bank
Sumut.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas
data yang digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected Item
Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis
dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh signifikan
citra merek terhadap keputusan nasabah yang ditunjukkan dengan thitung 3,783 >
ttabel 1,68 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05, dan terdapat pengaruh signifikan
kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah yang ditunjukkan dengan nilai
thitung 2,919 > ttabel 1,68 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05, dan untuk citra
merek dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah
PT. Bank Sumut, dengan nilai Fhitung 48,274 > Ftabel 3,18 dengan nilai signifikan
0,000 > 0,05, dengan nilai R Square sebesar 0,673 atau 67,3% yang artinya
terdapat pengaruh signifikan citra merek dan kualitas pelayanan terhadap
keputusan nasabah PT. Bank Sumut.