Abstract:
Rumusan masalah dalam peneliti ini adalah bagaimana mengatasi penyesuaian
diri siswa melalui Pendekatan Konseling Realita pada siswa kelas VIII SMP PAB
2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengatasi penyesuaian diri siswa melalui Pendekatan Konseling
Realita pada siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran
2019/2020. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1, VIII-2,
VIII-7 sebanyak 3 orang siswa yang kurang miliki penyesuaian diri siswa. Dan
yang menjadi penelitian ini adalah Guru bimbingan dan konseling dan seluruh
siswa instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini terjadi perubahan
tingkah laku siswa yang sudah dapat mengatasi penyesuaian diri melalui
pendekatan konseling realita di SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran
2018/2019. Sebelum di lakukannya konseling individual bahwasanya memang
perilaku penyesuaian diri masih berkisar diantara 50% lalu setelah melakukan
layanan konseling individual maka terjadi perubahan sebesar 75%. Jadi dapat di
simpulkan bahwa mengatasi masalah penyesuaian diri melalui pendekatan
konseling realita di SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2018/2019
mengalami perubahan yang signifikan.