Abstract:
Tanaman florikultura, khususnya bunga merupakan komoditi yang sangat khas, di
mana para pengusaha dituntut untuk lebih memberikan perhatian khusus dalam
pengusahaannya yang didasarkan atas ketrampilan seni, ketrampilan dalam hal
penguasaan teknologi budidaya dan kemampuan dalam memperdagangkan hasil
produksi. Salah satu usaha yang menjual keindahan bouquet bunga adalah usaha
Florist. Salah satu florist yang ada di kota Medan adalah Toko Floriz yang terletak
di Jalan Cemara No.37A Medan Timur. Toko Floriz menjual Bouquet bunga
dengan harga yg berbeda-beda. Nilai ekonomis ini juga sangat ditentukan oleh
perilaku konsumen. Semakin besar keinginan konsumen untuk membeli boquet
bunga, maka secara otomatis nilai jual bouquet bunga pada Toko Floriz juga akan
mengalami peningkatan. Perumusan masalah dari skripsi ini adalah: 1)Apakah
faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan
pembelian bouquet bunga di Toko Floriz? 2)Faktor apakah yang paling
berpengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian bouquet bunga di Toko
Floriz? Penelitian dilakukan pada 5 Februari 2018 sampai 5 Maret 2018. Adapun
populasi yang digunakan penelitian adalah konsumen yang membeli bouquet
bunga di Toko Floriz dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Data yang
digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang bersifat
kualitatif, yang selanjutnya diolah menggunakan skala likert untuk mendapatkan
data yang bersifat kuantitatif. Alat uji yang digunakan untuk menjawab rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear
berganda, uji determinasi (R2
), uji T dan uji F. Berdasarkan hasil uji F diketahui
bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara serentak ataupun secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bouquet
bunga di Toko Floriz, dengan diketahui F hitung 8,53 > F tabel 2,74 dan
signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil uji T diketahui bahwa faktor sosial
yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian bouquet bunga
di Toko Floriz, dengan nilai T hitung terbesar diantara variabel lain yaitu sebesar
2,249.