Abstract:
Pelayanan jasa yang diberikan oleh perusahaan sangat berpengaruh terhadap tingkat
kepuasan pelanggan atau pemakai jasa tersebut. Semakin baik pelayanan yang diberikan oleh
perusahaan maka kecendrungan semakin bertambahnya calon pelanggan. Tujuan dari
Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Pelangan
baik secara parsial maupun simultan. Adapun populasi penelitian ini adalah para pemohon
yang menggunakan pelayanan jasa pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus
Medan, Sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 70 responden. Dengan menggunakan
quota sampling dengan teknik incendental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket yang di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan Regresi
sederhana, uji F, uji t, dan koefisien determasi.Dan dari hasil penelitian uji t pada beberapa
pernyataan yang telah tertera pada angket pada variabel Kualitas Pelayanan (X) memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel bebas yaitu Kepuasan Nasabah (Y), bagi
para masyarakat yang melakukan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus
Medan. Sedangkan Dan adapun dari hasil uji F, terdapat pengaruh antara variabel bebas,
yaitu Kualitas Pelayanan (X) secara bersama-sama dan signifikan terhadap variabel terikat,
yaitu variabel Kepuasan Pelanggan (Y) dapat disimpulkan bahwa secara simultan Kualitas
Pelayanan berpengaruh dan signifikan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan
pada Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Medan.