Abstract:
Puspita Bahridah, 1502080152. Bimbingan dan Konseling, “Pengaruh Layanan Informasi Untuk Mencegah Sikap Hate Speech Siswa Kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 9 Medan Tahun Ajaran 2018/2019”. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
hate speech (ujaran kebencian) dikalangan siswa saat ini memang sangat menghawatirkan, karena apabila siswa terus menerus melakukan sikap hate speech (ujaran kebencian) akan berdampak buruk terhadap sikap siswa. Terkait dengan hal ini, salah satu upaya yang dilakukan dalam mengurangi sikap siswa terhadap hate speech ( ujaran kebencian) adalah dengan memberikan layanan informasi menggunakan metode ceramah dalam mengurangi sikap siswa terhadap hate speech (ujaran kebencian).
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah pre- Experiment dengan rancangan one group pretest-posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TSM SMK Muhammadiyah 9 Medan dan subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian menggunakan angket sikap hate speech (ujaran kebencian) dengan model Skala Likert dengan reliabilitas sebesar 0.993, kemudian data analisis dengan menggunakan Wilcoxom Signed Ranks Test dan Komogorov-Smirnov Two Independent Sampel dengan bantuan SPSS versi 20.00
Berdasarkan temuan tersebut: (1) layanan informasi dalam mengurangi sikap hate speech (ujaran kebencian) siswa, (2) layanan informasi dengan menggunakan metode Experiment efektif dalam mengurangi sikap siswa terhadap hate speech (ujaran kebencian). Perbedaan dapat dilihat dari hasil pretest ke posttest bahwa setelah diberikan perlakuan layanan informasi hasil posttes menurun., dapat disimpulkan bahwa layanan informasi lebih efektif dalam mengurangi sikap siswa terhadap hate speech (ujaran kebencian)