Abstract:
Penelitian dilakukan pada 12 Januari sampai 13 februari 2018. Data yang
digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang bersifat
kualitatif dan kuantitatif. Model yang digunakan untuk merumuskan strategi
pemasaran dalam penelitian ini adalah matriks SWOT dan matriks QSPM.
Berdasarkan hasil penelitian, strategi bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh
“Toko Floriz” yang berhubungan dengan product, place, price, procces, people,
promotion, dan physic. Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal yang menjadi
kekuatan dari “Toko Floriz” adalah produk berkualitas dan variatif, harga terjangkau,
lokasi strategis, tersedianya layanan delivery order (pesan antar), konsep toko yang
nyaman dan modern. Sedangkan yang menjadi kelemahan adalah bahan baku yang
mudah rusak dan tidak tahan lama, promosi belum maksimal, kurangnya tenaga
kerja bagian pemasaran. Berdasarkan hasil analisis lingkungan eksternal yang
menjadi peluang dari “Toko Floriz” adalah sudah memiliki pelanggan tetap, pola dan
gaya hidup masyarakat yang semakin berkembang, kemajuan teknologi dan
informasi, tidak ada produk subtitusi. Sedangkan yang menjadi ancaman adalah
tingginya tingkat persaingan dikota Medan, dan kekuatan tawar menawar pembeli.
Perumusan masalah berdasarkan matriks SWOT, melakukan pengembangan produk,
menawarkan potongan harga (discount) setiap pembelian lebih dari tiga kali dalam
sebulan, membuka cabang usaha baru, mempertahankan kualitas dan ciri khas
produk, melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik serta lebih
memaksimalkan web, mengikuti event-event yang ada dikota medan, meningkatkan
keterampilan tenaga kerja, melakukan inovasi produk, menjaga kepercayaan
konsumen, menambah tenaga kerja bagian pemasaran, Tetap melakukan promosi
melalui pembuatan brosur dan membuat banner untuk lebih menunjukan. Strategi
terbaik yang bisa dijalankan oleh perusahaan berdasarkan matriks QSPM yaitu
melakukan pengembangan produk dengan memanfaatkan produk yang berkualitas
dan variatif.