Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan
harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna Indihome pada PT Telkom
Indonesia STO CTD Medan, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah teknik accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang,
dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil pengujian diperoleh nilai t untuk variabel kualitas menunjukkan nilai
t hitung = 2,434 > ttabel = 1,66 dengan nilai signifikan sebesar = 0,017 < 0.05
dengan demikian berarti Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Kepuasan Pelanggan, Hasil pengujian diperoleh nilai t untuk variabel
Harga menunjukkan nilai thitung = 2,751 > ttabel = 1,66 dengan nilai signifikan
sebesar = 0,007 < 0,05 yang berarti menunujukkan bahwa Harga memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dan nilai Fhitung = 6,741>
dari Ftabel = 2,70 (lihat tabel F untuk N = 100) dengan nilai probabilitas yakni sig
adalah sebesar 0,002 < 0,05. Artinya Kualitas Produk dan Harga secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome pada PT Telkom
Indonesia STO CTD Medan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,349, hal ini
berarti Kualitas Produk dan Harga secara simultan hanya berpengaruh sebesar
34,9% sedangkan sisanya 63,1% Kepuasan Pelanggan dipengaruhi variabel lain.