Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian PT. Jakarana Tama. Pada penelitian ini peneliti
menggunakan pendekatan asosiatif sebagai arah penelitian di mana peneliti
bermaksud untuk mengetahui sampai sejauh mana suatu pengaruh dari variabel
bebas terhadap variabel terikat. Sample yang diambil sebanyak 50 konsumen,
selama 5 hari dimana penulis mengambil 10 responden/hari. Tidak ada pengaruh
promosisecara parsial terhadap keputusan pembelian pada PT. Jakarana Tama
Medan Medan, hal ini diketahui berdasarkan uji t dimana diperoleh thitung<ttabel
(1,466 < 1,677) maka H0 diterima dan Ha ditolak, yang artinya variabel promosi
tidak memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan
pembelian. Ada pengaruhkualitas produksecara parsial terhadapkeputusan
pembelian pada PT. Jakarana Tama Medan Medan, hal ini diketahui berdasarkan
uji t dimana diperoleh thitung>ttabel(4,863 > 1,677) maka H0 ditolak dan Ha diterima,
yang artinya variabel kualitas produkmemiliki pengaruh yang nyata (signifikan)
dengan variabel keputusan pembelian. Ada pengaruh promosi dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian pada PT. Jakarana Tama Medan Medan, hal ini
diketahui berdasarkan uji F dimana diperolehFhitung>Ftabel(19,908 > 2,80) maka H0
ditolak dan Ha diterima, yang artinya variabel promosi dan kualitas produksecara
simultanmemiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel keputusan
pembelian. Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,459
atau 45,9 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti
sedangkan sisanya sebesar 54,1 % merupakan variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini seperti harga, promosi penjualan, hadiah dan sebagainya.