Abstract:
Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu peneliti menemukan beberapa
siswa dengan gejala kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa
inggris, yakni: masih adanya siswa yang tidak memperhatikan ketika guru sedang
menjelaskan materi pembelajaran, masih adanya siswa yang bertanya kepada guru
dengan pertanyaan yang sama secara berulang kali, masih banyaknya siswa yang
belum bisa mendeskripsikan materi pelajaran yang dibahas , masih adanya siswa
yang belum mampu melalukan pengucapan bahasa inggris dengan baik. Teknik dan
alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tekinik analisis deskriptif
terhadap data berupa data hasil pengisian google formulir, lembar
pengamatan/observasi, dokumentasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan di berikannya layanan konseling pada bidang
bimbingan belajar dengan metode sosiodrama dapat membantu siswa dalam
memahami pembelajaran bahasa Inggris dengan mudah, hal ini terlihat pada
pengumpulan data yang dimulai pada tahap pra-tindakan terlihat bahwa seluruh
siswa yang mengikuti kegiatan konseling tidak ada yang mampu menjawab soal
yang ada di google formulir dengan tepat, kemudian pada siklus 1, 5 dari 8 siswa
mampu menjawaab soal dengan tepat, hal ini berarti sudah ada peningkatan
terhadap pemahaman siswa . pada siklus ke 2 seluruh siswa mampu menjawab soal
dengan tepat, itu berarti siswa sudah memahami pembelajaran bahasa inggris secara
keseluruhan. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar
dengan menggunakan metode sosiodrma dapat membantu siswa dalam memahami
pembelajaran bahasa Inggris dengan mudah.