Abstract:
Keputusan pembelian merupakana salah satu hal yang penting bagi
perusahaan disini perusahaan harus mempunyai kecakapan dalam merangsang
keinginan konsumen sehingga mampu membangkitkan keinginan serta minat
konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk / jasa yang ditawarkan oleh
perusahaan. Keputusan pembelian dapat dipengaruhi berbagai faktor diantaranya
Citra Merek dan Harga.
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek
dan Harga terhadap Keputusan Pembekian sepeda motor Honda Sonic 150 R pada
PT. Indako Trading Coy Medan. Sampling penelitian ini menggunakan sampling
kouta dengan pendekatan kuantitatif sebanyak 100 responden. Teknik analisis
data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji f dan
koefisien determinasi.
Hasil persamaan regresi linier berganda Y = 1,841 + 0,538 X1 + 0,395 X2
+ e. Hasil uji t ada pengaruh variabel citra mere terhadap keputusan pembelian
dimana thitung 5,012 > 1,660 ttabel. Ada pengaruh harga terhadap keputusan
pembelian dimana thitung 4,781 > 1,660 ttabel. Nilai uji f diperoleh fhitung sebesar
56,702, sedangkan ftabel sebesar 3,09 yang dapat dilihat pada = 0,05 probabilitas
signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 menunjukkan Citra Merek
Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Indako
Trading Coy Medan. Koefisien determinasi nilai R-square sebesar 0,529
menunjukkan 52,9 % Keputusan Pembelian dipengaruhi Citra Merek dan Harga,
sisanya 47,1 % dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.