Abstract:
Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor penting yang harus
diperhatikan perusahaan karena pelanggan merupakan alasan mengapa suatu
perusahaan eksis. Dan tanpa pelanggan perusahaan tidak dapat mempertahankan
kelangsungan hidupnya. Dengan tingkat kepuasan yang tinggi selanjutnya akan
meningkatkan loyalitas konsumen. Konsumen lama bisa dipertahankan dan
semakin sering melakukan pembelian berulang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian asosiatif.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang
mahasiswa/mahasiswi Universtas Muhammadiyah Sumatera Utara. Analisis data
ini dilakukan dengan menggunakan Regresi Linear Berganda. Setelah melakukan
uji regresi berganda maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis melalui uji t dan uji
f serta melakukan uji determiasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara Bersama-sama pengaruh
Kualitas Produk, Harga dan Merek terhadap Kepuasan Pelanggan. Sedangkan
secara parsial variabel Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Kepuasan
Pelanggan, variabel Merek berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan dan
Harga berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan. Besarnya uji
Determinasi adalah sebesar 0,571. Ini berarti variabel independent (Kualitas
Produk, Harga dan Merek) dapat menjelaskan variabel dependen ( Kepuasan
Pelanggan) sebesar 57,1. Sedangkan sisanya 42,9 dijelaskan oleh variabel lain
diluar model penelitian ini.