Abstract:
Banyaknya provider penyedia jasa Telekomunikasi yang persaingannya semakin ketat
untuk perkembangan sekarang ini, sehingga membuat PT. Telkom melakukan inovasi untuk
mengeluarkan produk baru yang menyediakan beberapa fasilitas komunikasi untuk
memenuhi masyarakat dalam sektor telekomunikasi, salah satu bentuk pemasaran yang
mampu dan mendukung dalam memasarkan produk tersebut adalah dengan meningkatkan
bauran pemasaran terhadap miant konsumen.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan
pengaruh bauran pemasaran terhadap minat konsumen PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk,
Regional I Medan. Populasi penelitian ini adalah konsumen produk Indihome dan calon
kaonsumen produk indihome yang jumlah nya tidak terhitung di kota Medan. Sedangkan
sampel dan penelitian ini menggunakan Nonprobability sampling dengan pendekatan
sampling sebanyak 70 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
wawancara dan angket (quesioner). Teknik analisis data menggunakan regresi linier
berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan uji determinan.
Hasil persamaan regresi linier berganda Y=26.103-0.396(X1)+0.549(X2)+0.590(X3)-
0.112(X4)+0.184(X5)-0.015(X6)+0.324(X7). pengaruh produk, harga, tempat, promosi,
people, bukti fisik, proses terhadap minta konsumen diperoleh fhitung 5.219 > ftabel 3.14
dengan probabilitas Sig 0.000 < a 0.05. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha
diterima, maka dapat disimpilkan bahwa produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik,
proses berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap minat konsumen dalam produk
Indihome pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Regional I Medan. Koefisien determinasi
Nilai R-square diketahui bernilai 0.465 artinya menunjukkan bahwa sekitar 46.5% variabel
minat konsumen dapat dijelaskan variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik,
proses terhadap minat konsumen pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, Regional I Medan
sebesar 46,5%. Sisanya sebesar 53.5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini