Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklan menggunakan
model wanita bertubuh langsing terhadap minat beli susu pelangsing produk WRP
di kelurahan sidodadi kecamatan medan timur kota medan. Responden dalam
penelitian ini adalah masyarakat berjenis kelamin perempuan yang berusia 20-40
tahun yang memiliki berat badan kurang ideal. Adapun teori yang dipakai adalah
Komunikasi, Komunikasi Massa, Televisi, Iklan, WRP, Tentang Wanita, Minat
Beli, Teori S-O-R. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
korelasional yang digunakan untuk :
(1) Mengukur hubungan antara variabel X
dengan variabel Y,
(2) Meramalkan variabel bebas terhadap variabel tak bebas,
(3) Meratakan jalan untuk membuat rancangan penelitian. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan cara, yaitu :
(1) Data Primer dilakukan
dengan pengumpulan data dari buku-buku dan tulisan ilmiah yang mempunyai
hubungan langsung dengan masalah yang akan diteliti,
(2) Data Sekunder yaitu
mengumpulkan data langsung dari objek penelitian dan langsung datang ke
tempat penelitian dengan cara membagikan angket sesuai dengan data yang
diperlukan maka peneliti menggunakan kuisioner yang berisi beberapa pertanyaan
yang akan dijawab oleh responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah
analisa tabel tunggal, uji hipotesis, dan uji determinasi serta pembahasan dari data
hasil yang diperoleh. Hasil dari analisa data penelitian ini mendapat hasil yaitu
hubungan rendah tapi pasti dengan tingkat koefisien korelasi
(r
) = 0,3 dan hasil uji
determinasi sebesar 9% sedangkan selebihnya sebesar 91% dipengaruhi
sosialisasi, penyuluhan, spanduk, billboard, dll. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa iklan menggunakan model wanita bertubuh langsing
berpengaruh rendah terhadap minat beli produk susu pelangsing WRP di
kelurahan sidodadi kecamatan medan timur kota medan. Dan kesimpulannya
adalah masyarakat menganggap iklan produk wrp bertubuh langsing tidak terlalu
memberikan kenyataan yang spesifik.