Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran inquiry
menggunakan media film documenter untuk meningkatkan minat belajar.
Penelitian ini beralokasi diperputakaan . Penelitian ini sumber primer adalah suatu
refensi yang dijadikan sumber utama acuan penelitian. Dalam penelitian sumber
primer yang digunakan adalah jurnal-jurnal yang berhubungan dengan judul
penelitian yaitu jurnal-jurnal strategi pembelajaran inquiry, film documenter
dalam meningkatkan minat belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis
lakukan pada bebrapa jurnal yang diteliti sebanyak 10 jurnal penelitian.sehingga
diperoleh hasil penelitian yang penggunaan strategi pembelajaran inquiry dan film
documenter sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar.
Kesimpulan yang didapat dan diteliti dari 10 jurnal penelitian menunjukkan
kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa berbeda sigifikan antara sebelum dan
sesudah perlakuan. Berdasarkan dari hasil keabsahaan data dari beberapa data dari
beberapa penelitian terdahulu mengenai pengguanakan strategi pembelajaran
inquiry dengan menggunakan media film documenter dapat meningkatkan minat
belajar siswa sebesar 100%.m