Abstract:
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konsep
Diri Positif Melalui Layanan Informasi Terhadap Korban Bullying Siswa Kelas
VII SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Penelitian ini
dilakukan di SMP Muhammadiyah 48 Medan Tahun Ajaran 2019/2020, yang
beralamat di jalan Tangguk Bongkar X No.2, Tegal Sari Mandala 1, Kecamatan
Medan Denai, Kota Medan. Sedangkan waktu penelitian ini dimulai dari bulan
Februari sampai Agustus 2020. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 48
Medan yang terdiri dari dua kelas yang keseluruhannya berjumlah 60 siswa,
sedangkan yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VII-A yang berjumlah 30
siswa. Pengambilan data melalui angket yang disebarkan kepada responden,
validitas instrumen dan reabilitas instrumen menggunakan SPSS 16.0 For
Windows, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t.Hasil Hipotesis
diperoleh t hitung = 4,072 dan t tabel= 1,701. Dari hasil tersebut makan diperoleh t
hitung ≥ t tabel yaitu 4,072 ≥ 1,701. Kesimpulan hipotesis ini adalah adanya pengaruh
signifikan dari Pengaruh Konsep Diri Positif Melalui Layanan Informasi
Terhadap Korban Bullying Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 48 Medan
Tahun Ajaran 2019/2020.