Abstract:
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan PT Alfalah Tour & Travel.
Untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan secara Parsial terhadap kepuasaan
pelanggan. PT Alfalah Tour & Travel. Untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayan dan citra perusahaan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan PT Al
falah Tour & Travel . Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang
menggunakan jasa PT.Alfalah Tour & Travel. Sampel yang diambil dengan
menggunkan rumus Slovin sebanyak 99 orang pelanggan.Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah angket dan study dokumen. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, Ujit, Uji -f dan Koefisien Determinasi. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
dan positif terhadap kepuasan jamah pada PT Alfalah Tour & Travel. Citra
perusahaan tidak berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan jamah
pada PT Alfalah Tour & Travel pada taraf α 0.05. Hasil penelitian
memperlihatkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan
secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada PT.Alfalah Tour & Travel
dengan hasil pengujian fhitung10,201 > 3,091 ftabel dengan signifikannnya 0,000 <
0,05, nilai koefesien determinasi dari nilai R-Square adalah sebesar 0,175 atau
17,5% ini menunjukan bahwa 17,5% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi
oleh kualitas pelayanan dan citra perusahaan, sisanya 82,5% dipengaruhi oleh
variabel lain diluar penelitian.