Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui dan manganalisis
pengaruh kualitas produk yang berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa
asuransi, untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan yang
berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa asuransi, untuk mengetahui dan
menganalisis kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap yang berpengaruh
terhadap keputusan penggunaan jasa asuransi pada PT Asuransi Jiwasraya
(Persero) Cabang Medan Utara
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
nonprobability sampling yaitu teknik accidental sampling dengan jumlah sampel
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 80 nasabah yang
menggunakan jasa asuransi.Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner
yang diuji dengan kualitas data yang digunakan adalah uji validitas dengan
menggunakan Corrected Item Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach
Alpha diproses dan dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu
melakukan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t,
dan uji F serta melakukan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh positif
kualitas produk terhadap variabel keputusan penggunaan jasa ditunjukkan thitung
(4,372) > ttabel (1,66) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05, pengaruh
positif variabel kualitas pelayanan terhadap variabel keputusan penggunaan jasa
yang ditunjukkan thitung (9,109) > ttabel (1,66) dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05, dan secara simultan pengaruh kualitas produk dan kualitas
pelayanan terhadap keputusan penggunaan jasa asuransi jiwa pada PT Asuransi
Jiwasraya (Persero) Cabang Medan Utara. Dengan nilai Fhitung (125,578) > Ftabel
(3.11) dengan tingkat signifikasi 0.000, dengan nilai R Square yaitu sebesar 0,765
atau 76,5%. Sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam
penelitian ini, misalnya promosi, harga dan variabel lainnya.