Abstract:
Keputusan pembelian sangat penting bagi perusahaan-perusahaan yang
memasarkan produknya. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keputusan
pembelian, diantaranya harga dan kualitas produk.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan
kualitas produk terhadap keputusan membeli terhadap pembelian smartphone
Xiaomi di Kota Medan . Pendekatan penelitian ini yaitu asosiatif dan kuantitatif
dengan populasi seluruh pengguna smartphone di Kota Medan , menggunakan
teknik sampling accidental sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket (kuisioner). Teknik
analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F
dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara
harga dan keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Kota Medan dengan
probabilitas sig 0,000 < α = 0,05. Ada pengaruh yang signifikan antara kualitas
produk dan keputusan pembelian smartphone Xiaomi di Kota Medan dimana
probabilitas sig 0,005 > α = 0,00. Ada pengaruh yang signifikan antara harga dan
kualitas produk terhadap keputusan membeli smartphone Xiaomi di Kota Medan
dengan sig 0,000 < 0,05. Dilihat dari R-squarenya adalah 21,1% mempengaruhi
keputusan pembelian, sisanya 69,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.