Abstract:
Bimbingan Kelompok adalah proses pemberian bantuan kepada individu melalui
suasana kelompok (dinamika kelompok yang memungkinkan setiap anggota
untuk berpartisipasi aktif dan berbagai pengalaman dalam upaya pengembangan
wawasan, sikap dan keterampilan yang diperlukan dalam upaya mencegah
timbulnya masalah atau dalam upaya pengembangan pribadi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Cara Menumbuhkan Sikap Enterpreneurship Siswa
Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Siswa Kelas XI SMA
Nusantara Batu Bara Tahun Ajaran 2019/2020 yang kurang memiliki jiwa
enterpreneurship. Berdasarkan hasil observasi di lapangan peneliti melihat masih
terdapat siswa yang kurang meminati dan menumbuhkan sikap enterpreneurship
yang ada dalam diri siswa. Siswa tidak memiliki kreativitas dalam hal
mengembangkan dan melihat peluang usaha baik di area sekolah maupun
lingkungan rumah. Siswa cenderung acuh tak acuh dengan peluang yang ada
karna mereka mengganggap dunia enterpreneur belum menarik bagi mereka.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif
kualitatif dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data triangulasi
yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari hasil
penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok
dalam menumbuhkan sikap enterpreneurship siswa kelas XI SMA Nusantara
Batu Bara berjalan dengan baik dan efektif. Hasil wawancara tersebut
menggambarkan bahwa ada peningkatan kerja sama setiap anggota kelompok
dalam meniru kegiatan sang model pembelajaran.