Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi ( ) dan
Tempat/Saluran Distribusi ( ) secara positif dan signiikan terhadap Keputusan
Pembelian Pada PT. Perintis Perkasa Medan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif
kuantitatif dan pendekatan penelitian asosiatif yakni untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh Promosi dan Tempat/Saluran Distribusi berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap Keputisan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT.
Perintis Perkasa Medan. Populasi yang ada dalam penelitian ini adalah konsumen
yang ada pada PT. Perintis Perkasa Medan sebanyak 100 0rang. Penelitian ini
menggunakan metode nonprobability sampling dengan jenis accidental Sampling,
tehnik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik , uji t, uji
f dan koefisien determinasi. Penelitian ini menggunakan teori Manajemen Pemasaran
yang berkaitan dengan Promosi, Saluran Distribusi dan Keputusan Pembelian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Promosi ( ) terhadap
keputusan pembelian (Y) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dengan
koefisien kolerasi sebesar 3,114 dan sebesar 1,6607, dimana dapat
dipahami bahwa > dan nilai signifikan untuk promosi sebesar 0,002 <
0,05. Sedangkan Tempat/Saluran Distribusi memiliki pengaruh yang tidak signifikan
terhadap Keputusan Pembelian (Y) terbukti dengan perolehan nilai sebesar
0,070 dan sebesar 1,6607 dimana dapat dipahami bahwa < dan
nilai signifikan sebesar 0,944 > 0,05. Berdasarkan nilai koefisien kolerasi ganda
secara bersama-sama antara promosi dan tempat/saluran distribusi terhadap
keputusan pembelian Rx1x2y = 29.009. nilai tersebut memiliki arti bahwa jika
promosi dan tempat/saluran disribusi baik maka keputusan pembelian akan ikut
meningkat. Dari uji F diperoleh sebesar 6,141 sedangkan 3,09 atau
signifikan 0,000 < 0,05, menunjukan ditolak dan diterima, berarti promosi
dan tempat/saluran distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian (Y) taraf a 0,05.sedangkan nilai R square sebesar 0,335 % bahwa
variabel promosi dan tempat/saluran distribusi memberikan kontribusi sebesar 33.5 %
dan sisanya 66,5 % dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diikut sertakan
dalam penelitian ini.