Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa dalam meningkatkan
pengelolaan diri agar lebih percaya diri dalam menilai positif dirinya dan dapat
mengarahkan tingkah lakunya serta dapat menjalin hubungan sosial di
lingkungannya dengan menggunakan layanan konseling individu dengan
pendekatan behavior. Penelitian ini merupakan tindakan layanan dengan
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek kelas VIII di SMP
Muhammadiyah 05 Medan dan objek penelitian sebanyak 4 orang siswa yang
memiliki masalah pengelolaan diri. Dengan proses pengambilan data dilakukan
selama empat minggu, dengan teknik pengumpulan data, obsevasi dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah mereduksi data,
memaparkan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan: Pelaksanaan layanan konseling individual dengan pendekatan behavior
untuk meningkatkan pengelolaan diri dapat dilihat dari hasil observasi dan
wawancara. Dan hal ini dapat dilihat dari perubahan pada perilaku siswa yang
sudah dapat meningkatkan percaya diri, mengontrol sikapnya dan masih ada
siswa yang masih kurang intensif dalam menjalin hubungan sosial dengan
lingkungannya. Adapun tingkat keberhasilan dari hasil penelitian ini berkisar
sebesar 92%.