Abstract:
Keputusan Pembelian merupakan keputusan konsumen tentang apa yang hendak
dibeli, berapa banyak yang akan dibeli, dimana akan dilakukan, kapan akan dilakukan dan
bagaimana pembelian akan dilakukan. Keputusan pembelian dipengaruhi berbagai faktor
diantaranya harga dan desain produk.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga
dan desain produk terhadap keputusan pembelian Yamaha Nmax pada Mahasiwa Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan jumlah sampel
70 responden penelitian dengan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket yang di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan
regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil uji t variabel harga nilai thitung -2. 055 < ttabel -1.995 dengan signifikan 0.044 <
0,05 bahwa ada pengaruh negatif harga terhadap keputusan pembelian. Uji t variabel desain
produk nilai thitung 4.596 > ttabel 1.995 dengan signifikan 0.000 < 0,05 bahwa ada pengaruh
desain produk terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F dengan nilai Fhitung 11.147 > Ftabel
3.13 dan signifikan 0.000 < α 0,05 bahwa ada pengaruh harga dan desain produk secara
simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian Yamaha Nmax pada Mahasiswa
Muhammadiyah Sumatera Utara. Nilai R-Square sebesar 0,250 menjelaskan bahwa 25%
variabel harga dan desain produk terhadap keputusan pembelian dan 75% dipengaruhi
variabel yang tidak diteliti.