Research Repository

Analisis Permintaan Komoditas Buah Pada Pasar Modern Di Kota Binjai

Show simple item record

dc.contributor.author Ulfa, Azlinda
dc.date.accessioned 2020-03-01T06:03:58Z
dc.date.available 2020-03-01T06:03:58Z
dc.date.issued 2019-03-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/876
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik buah, umur, pendidikan, jumlah tanggungan, pendapatan, dan jarak ke lokasi pasar yang mempengaruhi permintaan konsumen membeli buah pada pasar modern di Kota Binjai dan menganalisis pola permintaan konsumen terhadap buah pada pasar modern di Kota Binjai. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan metode analisis deskriptif. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 33 konsumen. Penelitian ini dilakukan pada bulan September tahun 2018. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsumen buah pada Pasar Modern di Kota Binjai memiliki karakteristik sosial ekonomi yang berbeda-beda. Karakteristik sosial ekonomi (karakteristik buah, umur, pendidikan, jumlah tanggungan pendapatan dan jarak ke lokasi pasar) secara serempak berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan buah. Secara parsial variabel umur, pendidikan, jumlah tanggungan, dan pendapatan berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan buah, sedangkan variabel karakteristik buah dan jarak ke lokasi pasar tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan buah. Pola permintaan konsumen buah pada pasar modern di Kota Binjai tergambar sebagai berikut: Masayarakat di Kota Binjai lebih cenderung membeli buah-buahan yang manis. Terbukti dengan pembeli buah kelengkeng sebanyak 27,27% lalu diikuti dengan buah yang sedikit asam seperti buah anggur sebanyak 15,15%, buah pir sebanyak 12,12%, buah mangga sebanyak 9,08%, buah apel sebanyak 6,06%, buah jeruk, kiwi dan naga masingmasing sebanyak 6,06%. Lalu permintaan buah yang paling sedikit adalah buah alpukat dan buah lemon yang masing-masing hanya 3,03% saja. en_US
dc.subject Permintaan buah en_US
dc.subject pasar modern en_US
dc.subject karakteristik sosial ekonomi en_US
dc.title Analisis Permintaan Komoditas Buah Pada Pasar Modern Di Kota Binjai en_US
dc.title.alternative Studi Kasus : Pasar Modern Hypermart Binjai Supermall, Suzuya Dan Asia King Supermarket en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account