Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Costumer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan, untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas
Pelanggan, dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Costumer
Relationship Management (CRM) Dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas
Pelanggan baik secara parsial maupun simultan pada Garuda Plaza Hotel Medan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Garuda Plaza
Hotel Medan sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel
pengamatan yang dilakukan berjumlah 100 orang dengan menggunakan Quota
Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi
Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien
Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program
software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 22.00.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara Parsial Costumer
Relationship Management (CRM) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan
sedangkan Kualitas Pelayanan ada pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara
Simultan Costumer Relationship Management (CRM) dan Kualitas Pelayanan
berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan.