Abstract:
Perusahaan provider/ kartu seluler saat ini semakin banyak dan memiliki strategi
bersaing yang berbeda-beda untuk itu setiap perusahaan perlu memiliki suatu
pemasaran yang jitu dalam memasarkan produknya, salah satu bentuk pemasaran
yang mampu mendukung dalam memasarkan produk kartu seluler adalah penggunaan
strategi kualitas dan harga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial pengaruh kualitas
terhadap kepuasan pelanggan, untuk mengetahui secara parsial pengaruh harga
terhadap kepuasan pelanggan, dan untuk mengetahui secara simultan pengaruh
kualitas dan harga terhadap kepuasan pelanggan XL di Kecamatan Medan Petisah.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli produk XL maupun
sudah pernah membelinya diKecamatan Medan Petisah. Sedangkan sampel dalam
penelitian ini menggunakkan nonprobability sampling dengan pendekatan sampling
incidental sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah wawancara dan angket (questioner). Teknik analisis data menggunakan regresi
linear berganda. Uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan uji determinan.
Hasil persamaan regresi berganda Y= 0.824+0.4211+0.377. Hasil uji t secara
parsial ada pengaruh kualitas terhadap kepuasan pelanggan dimana thitung
5,255>ttabel 1,661, secara parsial ada pengaruh signifikan harga terhadap kepuasan
pelanggan dimana thitung 3,856>ttabel 1,661. Nilai uji f diperoleh fhitung
31,059>ftabel 3,090 dengan sig 0,000<α=0.05 menunjukkan bahwa secara simultan
kualitas dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) XL di
Kecamatan Medan Petisah. Koefisien determinasi nilai R-Square sebesar 0,390
menunjukkan 39% kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh faktor kualitas dan harga
dan sisanya 61% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.