Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
Kualitas Produk dan harga terhadap keputusan pembelian Kartu Simpati pada
mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah dengan sampel yang ditentukan
sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Nonprobability
sampling
dengan
pendekatan
accidental
sampling
(pengambilan
sampel
secara
kebetulan).
Teknik
analisis
yang
digunakan
adalah
teknik
analisis
data
kuantitatif.
Analisis
ini
meliputi;
uji
validitas
da
reliabilitas,
analisis
regresi
berganda,
uji
asumsi
klasik
dan
pengujian
hipotesis
melalui
uji
t,
uji
f,
serta
koefisien determinasi (R
2
)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk (X1) dan
periklanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan
nilai thitung 2,589 dan 3,539. sedangkan secara simultan, kualitas produk dan harga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari
nilai Fhitung sebesar 10.745 dengan sig 0,000 < 0,05. Nilai koefisien detrminasi
yang diperoleh R Square adalah 0,426 atau 42,6% yang menunjukkan sekitar
68,5% variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel kualitas
produk (X1) dan harga (X2). Atau secara praktis dapat dikatakan bahwa kontribusi
kualitas produk (X1) dan harga (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y)
adalah 42,6%. Selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.