Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui manajemen komunikasi
marketing periklanan yang terdapat di radio Kardopa Fm Medan,dan cara yang
dilakukan pihak manajemen untuk mendapatkan pengiklan serta cara bersaing
dengan radio lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui manajemen
komunikasi periklanan yang diterapkan oleh radio Kardopa dalam meningkatkan
jumlah pengiklan; (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
manajemen komunikasi periklanan pada radio Kardopa Fm Medan dalam
meningkatkan jumlah pengiklan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik
observasi, wawancara dan studi kepustakaan yang relevan dengan objek
penelitian. Selanjutnya data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif.
Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang mendukung serta
menghambat manajemen komunikasi periklanan yang telah direncanakan. Faktor
pendukung antara lain karena radio Kardopa adalah bagian dari Kardopa Group
sehingga sudah melekat di masyarakat. Sehingga dapat membuka peluang
sebesar-besarnya untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain. Dari hasil
penelitian ini terungkap bahwa manajemen memanfaatkan media sosial ,website
dan live streaming. Pada akhirnya klien yang merasa puas atas pelayanan yang
diberikan radio Kardopa Fm Medan akan memasang iklan secara kontinu. Serta
radio Kardopa yang sampai saat ini masih melekat di pendengar nya karena
mempunyai pilihan jenis musik yang dapat dinikmati segala kalangan . Sedangkan
faktor penghambatnya yaitu keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia) dan berat
nya persaingan antara media yang serupa,mengingat Medan juga ada beberapa
Radio yang masih aktif dan rutin mengadakan acara (Off Air) sehingga
memberikan dampak terhadap pengiklan bahwasanya radio tersebut aktif.