Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kualitas Layanan dan
Promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan
pada pengguna aplikasi gojek bagi mahasiswa di Kota Medan.
Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas
Layanan dan Promosi baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh
terhadap kepuasan Pelanggan bagi mahasiswa di Kota medan yang menggunakan
Aplikasi Gojek. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
kota medan yang menggunakan aplikasi gojek secara aktif. Sampel yang
digunakan adalah jenis sampel Non Probability Sampling dengan teknik
Accidental sampling teknik penentuan sampel dengan mencari objek yang secara
kebetulan bertemu pada saat pengumpulan data yang sesuai kriteria untuk diteliti,
maka peneliti menentukan sampel sebanyak 100 mahasiswa pengguna aplikasi
Gojek. Teknik pengumpulan data adalah Angket (Quesioner). Analisis data
mengunakan metode Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Koefisien
Determinasi, Uji f (Uji Simultan), dan Uji t (Uji Parsial). Pengolahan data
menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Science)
versi 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil pengujian secara individual Kualitas Layanan terhadap
Kepuasan Pelanggan diperoleh nilai Y= 2,490+0,493X1+0,299X2, serta nilai thitung
sebesar 8,580, jika dibandingkan dengan nilai ttabel maka dihasilakan 8.580 ≥
1.984, maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Layanan berpengaruh terhadap
Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil pengujian secara individual Promosi
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan diperoleh thitung sebesar 5.134, jika
dibandingkan dengan nilai ttabel maka dihasilkan 5.134 ≥ 1.984, maka dapat
disimpulkan bahwa promosi berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan .
Berdasarkan hasil Uji simultan Ftabel adalah sebesar 3,090 Jika dibandingkan nilai
Fhitung dengan Ftabel maka dihasilkan 89,063 ≥ 3,090 sehinga disimpulkan bahwa
Kualitas Layanan dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan pada mahasiswa pengguna aplikasi gojek di Kota Medan.