dc.description.abstract |
Citra merek, harga dan kualitas produk sangat erat hubungannya dengan
keputusan pembelian, baik keputusan pembelian yang dilakukan oleh orang
perorang, kelompok maupun organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan
keinginan mereka baik terhadap kebutuhan barang maupun jasa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek harga dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian konsumen pada Royyan Rambutan House Binjai.
Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Royyan
Rambutan House Binjai, dengan sampel penelitian diambil dari sebagian dari
responden yang menjadi pelanggan Royyan Rambutan House Binjai.
Peneliti mengambil sampel dengan teknik Accidental sampling yaitu
menentukan sampel dari populasi yang menjadi pelanggan tetap dengan ciri dan
karakteristik yang telah ditentukan, jumlah sampel sebanyak 100 responden.
Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t,
uji f dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Citra Merek (X1) secara
parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian
(Y) dengan nilai hitung thitung 20,334 > ttabel 1,984, variabel Harga (X2)
memiliki pengaruh positif dengan signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y)
dengan nilai thitung 4,739 > ttabel 1,984. Dan Variabel Kualitas Produk (X3)
memiliki pengaruh positif dengan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). )
dengan nilai thitung 4,587 > ttabel 1,984. Berdasarkan uji secara simultan variabel
Citra Merek, Harga dan Keputusan Pembelian juga memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai fhitung 444,572 > ftabel
3,09 dan nilai koefisien determinasi (R square) yang diperoleh dalam penelitian
ini sebesar 0,933. Hal ini memiliki arti bahwa 93,3% variabel Keputusan
Pembelian dapat dijelaskan oleh variabel Citra Merek (X1), Harga (X2) dan
Kualitas Produk (X3) Sedangkan sisanya sebesar 6,7% dapat dijelaskan oleh
variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. |
en_US |