Abstract:
Kepuasan konsumen adalah suatu kondisi dimana kebutuhan, keinginan,
dan harapan konsumen terhadap sebuah produk dan jasa, sesuai atau terpenuhi
dengan penampilan dari produk dan jasa. Secara umum Kepuasan adalah hasil
dari penilaian konsumen bahwa produk atau jasa pelayanan telah memberikan
tingkat kenikmatan dimana tingkat pemenuhan ini bisa langsung atau kurang.
Kepuasan Konsumen dapat dipengaruhi berbagai faktor diantaranya Kualtas
pelayanan dan harga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Kualitas
Pelayanan dan Harga yang berbelanja online di Lazada.com. Populasi dalam
penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU sebanyak
100 orang menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data ini dengan
angket/kuesioner lalu uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis data yang
digunakan adalah rgresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hiptesis.
Hasil penelitian ini meperlihatkan bahwa Kualitas Pelayanan berpebgaruh
positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan
thitung ˂ttable yaitu 4.037˂1,984 dan nilai sig 0,000˂0.05. Harga berpengaruh
positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Konsusen dengan
thitung˃ttable yaitu 51.130˃3,17 dengan signifikan 0.000˂0.05. Bahwa Kualitas
Pelyanan dan Harga secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap
Kepuasan Konsumen. Nilai R square determinasi 51% memperlihatkan Kepuasan
Konsumen dipengaruhi kualitas pelayanan dan Harga dan sisanya 49%
dipengaruhi variabel yang tidak diteliti.