dc.description.abstract |
Keputusan Menabung adalah pemahaman konsumen tentang keinginan dan
kebutuhan akan suatu produk dengan menilai sumber-sumber yang ada dengan
menentukan tujuan serta mengidentifikasi alternatif yang disertai dengan perilaku
setelah pembelian.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan
promosi terhadap keputusan menabung. Pendekatan penelitian menggunakan
pendekatan asosiatif, sampel penelitian ini menggunakan non probability
samplingdengan pendekatan accidental sampling sebanyak 70 responden. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kueisioner. Teknik analisis
data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien
determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan, kualitas produk diperoleh nilai thitung0,599<ttabel
1,995 ,signifikan 0,551>0,05, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh kualitas
produk terhadap keputusan menabung. Promosi diperoleh nilai thitung 2,564>ttabel
1,995 , signifikan 0,013<0,05, hal ini menunjukkan ada pengaruh promosi yang
signifikan terhadap keputusan menabung. Nilai uji F Fhitung 5,267>Ftabel3,98
menunjukan adanya pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan
menabung PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCP Binjai. Nilai R Square
memperlihatkan 13,6% variabel keputusan menabung dipengaruhi variabel kualitas
produk dan promosi dan sisanya 86,4 % dijelaskan faktor lain yang tidak diteliti. |
en_US |