Research Repository

Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Produk Apple iPhone Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)

Show simple item record

dc.contributor.author Aldino, Galih Chandra
dc.date.accessioned 2020-11-07T01:05:01Z
dc.date.available 2020-11-07T01:05:01Z
dc.date.issued 2018-03-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8656
dc.description.abstract Dalam era industri teknologi sekarang ini, persaingan industri Smartphone baik di pasar domestik maupun internasional telah mengalami peningkatan yang signifikan. Apple, Inc. (sebelumnya bernama Appe Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer serta komputer. Apple memiliki peranan penting dalam bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II. Apple selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas maupun kualitas produk. Oleh karena itu Apple selalu mengembangkan inovasi yang berguna untuk memenuhi kepuasan pelanggan khususnya selera konsumen agar dapat menimbulkan loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dimensi kualitas produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening (Studi Produk Apple iPhone di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Penelitian ini bersifat eksplanatori dan yang menjadi populasinya adalah para mahasiswa yang ada di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Sampel yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Lokasi penelitian diadakan pada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan penyebaran kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, persamaan regresi dan pengujian hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa baik pengujian secara simultan maupun secara parsial, kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan konsumen yakni sebesar 55,18% dan sisanya 44,82% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan di dalam penelitian ini. Sementara loyalitas pemakai iPhone pada kalangan mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara hanya dipengaruhi oleh faktor citra merek dan kepuasan para konsumen baik secara langsung maupun secara tidak langsung yakni sebesar 78,18% dan sisanya sebesar 21,82% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. en_US
dc.subject iPhone, Kualitas Produk, Kepuasan en_US
dc.subject Loyalitas Konsumen en_US
dc.title Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Produk Apple iPhone Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account