Abstract:
Dalam era industri teknologi sekarang ini, persaingan industri Smartphone
baik di pasar domestik maupun internasional telah mengalami peningkatan yang
signifikan. Apple, Inc. (sebelumnya bernama Appe Computer, Inc.) adalah sebuah
perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang perancangan,
pengembangan, penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen,
perangkat lunak komputer serta komputer. Apple memiliki peranan penting dalam
bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya
Apple II. Apple selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam
kuantitas maupun kualitas produk. Oleh karena itu Apple selalu mengembangkan
inovasi yang berguna untuk memenuhi kepuasan pelanggan khususnya selera
konsumen agar dapat menimbulkan loyalitas pelanggan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dimensi kualitas
produk dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan konsumen
sebagai variabel intervening (Studi Produk Apple iPhone di kalangan mahasiswa
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Penelitian ini bersifat eksplanatori
dan yang menjadi populasinya adalah para mahasiswa yang ada di Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Sampel yang dipilih menggunakan
teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path
Analysis).
Lokasi penelitian diadakan pada Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara, Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kuantitatif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan penyebaran kuesioner.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang kuliah
di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Teknik analisis data
dilakukan dengan menggunakan analisis statistik yaitu uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, persamaan regresi dan pengujian hipotesis.
Hasil analisis menunjukkan bahwa baik pengujian secara simultan maupun
secara parsial, kualitas produk dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen yakni sebesar 55,18% dan sisanya 44,82% dipengaruhi oleh faktor lain
yang tidak diikutsertakan di dalam penelitian ini. Sementara loyalitas pemakai
iPhone pada kalangan mahasiswa di lingkungan Universitas Muhammadiyah
Sumatera Utara hanya dipengaruhi oleh faktor citra merek dan kepuasan para
konsumen baik secara langsung maupun secara tidak langsung yakni sebesar
78,18% dan sisanya sebesar 21,82% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian
ini.