Abstract:
ujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung tabungan haji dan umrah, untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh Promosi terhadap keputusan menabung
tabungan haji dan umrah, dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan menabung tabungan haji dan
umrah pada PT. Bank Muamalat Tbk KCP Stabat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menabung
tabungan haji dan umrah sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan
sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 60 orang dengan menggunakan
rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi
Klasik, Regresi Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien
Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program
software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 22.00.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Secara parsial diketahui bahwa
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh thitung (2,147)
> ttabel (1,086) dan probabilitas (sig 0,036) ≤ 0,05. Secara parsial diketahui bahwa
promosi terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh thitung (4,114) > ttabel
(1,086) dan probabilitas (sig 0,000) ≤ 0,05. Secara simultan diketahui bahwa
kualitas pelayanan dan promosi memiliki pengaruh positif yang signifikan
terhadap keputusan pembelian dimana diperoleh Fhitung (36,319) > Ftabel (3,15) dan
probabilitas (sig 0,000) ≤ 0,05.