Abstract:
Pada dasarnya kinerja lalu lintas pejalan kaki diekspresikan dengan cara yang
mirip dengan ekspresi kinerja lalu lintas kendaraan yaitu dengan arus, kecepatan,
dan kepadatan yang saling berhubungan. Pada studi kasus kali ini mengambil
lokasi di pedestrian road lapangan Merdeka, Pematang Siantar. Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui karakteristik pejalan kaki, bagaimana hubungan
antara kecepatan, arus, kepadatan, dan ruang dikawasan tersebut. Selain itu untuk
mengetahui besarnya kapasitas dan Level of service (LOS) apakah masih bisa
menampung jumlah pejalan kaki yang ada.Metode penelitian dalam studi kasus
ini menggunakan metode survei dan analisis. Metode survei menggunakan teknik
manual dalam pengamatan dan pengambilan data di lapangan. Sedangkan metode
analisis yakni menggunakan metode Greenshield, Greenberg, dan
Underwood.Hasil analisis menunjukan bahwa variabel max adalah sebagai
berikut: Greenshield, Dm = 1193,9 peds/m², Vm = 323,3 m/min, Qm =
385808,8peds/min/m. Greenberg, Dm = 0,37 peds/m², Vm = 125.10 m/min, Qm
= 4625. 10 m/min. Underwood, Dm = 0,0013 peds/m², Vm = 765,09 m/min, Qm
= 0,99 m/min. Sedangkan tingkat pelayanan termasuk tingkat “A” . Dengan
menggunakan metode Greenshield dan Greenberg didapat nilai korelasi (r) =
0,39.