Abstract:
Terminal adalah tempat pelayanan umum, tempat turun naiknya penumpang,
tempat perpindahan antar angkutan umum serta tempat mengatur kedatangan dan
keberangkatan angkutan umum. Terminal terpadu Kutacane merupakan terminal
tipe B. Untuk mengevaluasi kinerja teknis terminal terpadu Kutacane dilakukan
penelitian tujuannya agar dapat mengetahui bagaimana tingkat pelayanan di
terminal terpadu Kutacane. Agar mendapatkan hasil yang akurat harus dimulai
dari survey lokasi, menghitung angkutan umum yang keluar dan masuk serta
menghitung kendaraan yang masuk pelataran parkir. Survey dilakukan selama 3
hari Sabtu, Minggu, Senin dari jam 06.00 – 18.00. Setelah semua data didapat
maka dapat dilakukan pengolahan untuk mendapatkan hasil penelitian.
Pengolahan data diambil 1 hari terdapat untuk mewakili data yang lainnya dan
hari terdapat terjadi pada hari senin dengan jumlah angkutan umum 199
kendaraan/jam. Dari pengolahan dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya
pelayanan di terminal terpadu Kutacane karena banyak fasilitas-fasilitas terminal
yang kurang baik. Untuk perparkiran didapat jumlah kendaraan yang parkir
maksimum AKAP 3 kendaraan/jam, AKDP 1 kendaran/jam, AKDES 16
kendaraan/jam. Sedangkan daya tampung parkir yang tersedia untuk jenis-jenis
angkutan umum: AKAP 14 kendaraan/jam, AKDP 52 kendaraan/jam dan AKDES
152 kendaraan/jam.