Abstract:
Keputusan pembelian merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang
konsumen dalam membeli sebuah produk yang terdiri dari banyak pilihan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas
produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sabun telepon batang
serbaguna pada toko-toko retail di kecamatan Medan Marelan. Penelitian ini
dilakukan dengan jumlah populasi sebanyak 968 toko retail yang terdapat di
kecamatan Medan Marelan dan dengan menggunakan teknik kuota sampling
ditentukan sampel sebanyak 100 toko retail di Kecamatan Medan Marelan sebagai
sampel penelitian. Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan
adalah regresi linier berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 20.144 yang
mengindikasikan thitung > ttabel yang bernilai 1.661, sedangkan promosi
berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung
sebesar -5,535 yang mengindikasikan thitung < ttabel yang bernilai 1.661. Adapun
hasil uji secara simultan dengan hasil Fhitung sebesar 269.285 yang
mengindikasikan nilai Fhitung > Ftabel yang bernilai 3.090, hal ini menunjukkan
bahwa kualitas produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian sabun telepon batang serbaguna pada toko-toko
retail di Kecamatan Medan Marelan. Lalu dari hasil uji determinasi didapat nilai
R2 sebesar 0.847 yang artinya kedua variabel bebas berpengaruh sebesar 84.7%
terhadap variabel terikat.