Abstract:
Kepuasan konsumen adalah sebagai perbandingan antara persepsi konsumen
terhadap jasa yang diterima dan harapannya sebelum menggunakan jasa tersebut.
Secara umum kepuasan dapat diartikan tingkat perasaan di mana seseorang
menyatakan hasil perbandingan atas kinerja produk jasa yang diterima dengan
yang diharapkan. Kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh berbagai factor
diantaranya Kualitas Pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Konsumen pada Makyung Martabak dan Cafe Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Makyung Martabak &
Cafe Medan. Sampel yang diambil 100 responden dengan menggunakan teknik
Accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel secara kebetulan bertemu
dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, apabila orang yang ditemui
cocok sebagai sumber data. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis data
regresi linier sederhana dan menggunakan uji hipotesis uji t , dan koefisien
determinasi.
Berdasarkan hasil pengujian secara individual pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan konsumen diperoleh nilai thitung7.157 > 1.984ttabel dan
mempunyai nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05 dapat disimpulkan bahwa
kualitas pelayanan berpengaruh posiif terhadap kepuasan konsumen.Nilai
Adjusted R square diperoleh sebesar 0,586 atau 58,6% hal ini berarti konstribusi
variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 58.6% sisanya 41.4% dipengaruhi
oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian.