Abstract:
Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sedang banyak digemari
oleh masyarakat di Indonesia. Sepeda motor menjadi pilihan alat transportasi
masyarakat karena beberapa alasan, yang pertama harga sepeda motor relatif
murah dari mobil dan kendaraan lainnya, yang kedua adalah sepeda motor adalah
alat transportasi yang sangat praktis, Alasan yang ketiga, jika di bandingkan
dengan mobil, konsumsi bahan sepeda motor jauh lebih irit. Kendaraan sepeda
motor mengalami pertumbuhan dan keberadaan dalam lalu lintas campuran pada
jalan 4 lajur 2 arah dengan median memberikan pengaruh pada kecepatan lalu
lintas sangat kuat. Studi dilakukan di ruas jalan KL.Yos Sudarso dengan
mengambil 2 titik lokasi. Survey dilakukan Hari Senin s/d Minggu pada jam sibuk
pagi, jam sibuk siang dan jam sibuk sore. Analisis yang digunakan untuk
menentukan nilai emp adalah dengan metode MKJI, 1997. Didapatkan data
perbandingan proporsi sepeda motor pada Jalan Yos Sudarso pada Hari Rabu
sebesar 29,53 smp/jam. Sedangkan data untuk kapasitas pada Jalan KL.Yos
Sudarso sebesar 5513 smp/jam. Arus dan kapasitas yang dinyatakan dalam
smp/jam telah diproleh, kemudian digunakan untuk menghitung derajat
kejenuhan. Derajat kejenuhan yang didapat pada Jalan Kl. Yos Sudarso adalah
0,30