Abstract:
Penelitian ini untuk mengetahui apakah Kualitas Pelayanan dan Promosi
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas Pelangan pada Hotel
Garuda Plaza Medan.
Variabel Independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas
pelayanan dan Promosi baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh
terhadap Loyaitas Pelanggan Hotel Garuda Plaza. Pendekatan yang dipakai dalam
penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung pada Hotel Garuda Plaza .
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 pelanggan. Teknik pengumpulan data
adalah Angket (Quesioner), Dokumentasi, dan wawancara. Data mengunakan
metode Uji Asumsi Klasik, Regresi Linier Berganda, Uji t (Uji Parsial), Uji f (Uji
Simultan), dan koefisien Determinasi.
Berdasarkan hasil pengujian secara individual Kualitas Pelayanan terhadap
Loyalitas Pelanggan diperoleh nilai t hitung sebesar 10.688, jika dibandingkan
dengan nilai t tabel maka dihasilakan 10.688 > 1.984, maka dapat disimpulkan
bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan.
Berdasarkan hasil pengujian secara individual Promosi berpengaruh terhadap
Loyalitas pelanggan diperoleh t hitung sebesar 1.610 , jika dibandingkan dengan
nilai t tabel maka dihasilkan 1.610 > 1.984, maka dapat disimpulkan bahwa
promosi berpengaruh terhadap Kualitas pelanggan . Berdasarkan hasil Uji
simultan F tabel adalah sebesar 3.090 Jika dibandingkan nilai F hitung dengan F
tabel maka dihasilkan 62.556 > 3.090 sehinga disimpulkan bahwa Kualitas
Pelayanan dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelangan pada
Hotel Garuda Plaza Medan