Abstract:
Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat pengaruh Citra Perusahaan dan
Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Penelitian ini menggunakan
metode pengujian uji T dan uji F sebagai teknik analisis data yang digunakan
untuk mendapatkan jawaban hipotesis pada penelitian ini, dengan jumlah sampel
sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik Quota sampling sebagai
penentu jumlah responden yang ditujukan untuk PT. Pos Indonesia (Persero)
Medan, dimana metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket /
quisioner.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi citra perusahaan
berdasarkan uji t ada pengaruh signifikan antara Citra Perusahaan dengan
Kepuasan Pelanggan. Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikan Kualitas
Pelayanan berdasarkan uji t yaitu ada pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan hasil uji F terdapat ada pengaruh
signifikan Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan
secara bersamaan dengan nilai 47,429 > 3,06 dan signifikan sebesar 0,000< 0,05
dan nilai r-squar sebesar 70,3% hal ini berarti kontribusi variabel bebas terhadap
variabel terikat sebesar 70,3% sisanya 29,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.