Abstract:
Pertumbuhan kendaraan mengakibatkan berkurangnya fungsi ruas jalan 2 lajur 2 arah
tanpa median. Ditambah lagi dengan adanya kegiatan parkir di badan jalan yang
mengakibatkan semakin berkurangnya fungsi ruas jalan. Studi dilakukan pada ruas jalan
K.F Tandean sepanjang 300 m. Survey dilakukan Hari Senin s/d Minggu pada jam sibuk
pagi, jam sibuk siang dan jam sibuk sore. Analisa yang digunakan adalah dengan metode
MKJI,1997. Didapatkan data Rata-rata MC, LV, HV, pada Jalan K.F Tandean pada Hari
Senin sebesar 432,5 smp/jam. Sedangkan data untuk total frekuensi hambatan samping
pada ruas jalan K.F Tandean sebesar 884,5 bobot. Sedangkan data kecepatan arus bebas
dan kecepatan arus setempat Pada ruas jalan K.F Tandean sebesar 11,95m/det dan 43,02
km/jam. Sedangkan nilai arus bebas pada ruas jalan K.F Tandean sebesar 40,5 Km/jam.
Sedangkan data derajat parkir dan kapasitas parkir pada jalan K.F Tandean adalah untuk
kendaraan roda 3 = 45 dan untuk kendaraan roda 4 = 180 . Dan kapasitas maksimum
parkir adalah 50 SRP. Sedangkan untuk data akumulasi parkir dan volume parkir sebesar
172 dan 186. Sedangkan data indeks parkir di ruas jalan K.F Tandean sebesar 3,44.
Sedangkan untuk data pergantian parkir di ruas jalan K.F Tandean sebesar 2,1.
Sedangkan kapasitas ruas jalan sebesar 2777,04 smp/jam. Sehingga di dapat data tingkat
pelayanan jalan K.F Tandean pada level B, dengan pengertian lalu lintas agak ramai ,
kecepatan menurun.